Kelebihan Sedikit Saja

Ada dua ekor yang bersiap-siap berpacu dalam sebuah pacuan kuda. Yang satu bernama Roky, dan satu lagi bernama Hans. Tibalah saat perlombaan. Roky berlari dengan cepat. Hans pun tak mau ketinggalan dan berusahan melewati lawannya. Saling susul-menyusul pun terjadi selama beberapa menit dan menjadi tontonan menarik bagi penonton. Akhirnya lomba pacuan dimenangkan oleh Roky. Apakah lari Rocky lebih cepat beberapa meter dari Hans? Atau selangkah lebih cepat? Tidak. Di garis finish, Rocky hanya lebih cepat satu moncong ketimbang Hans.

Begitulah jika kita mempunyai kelebihan sedikit saja dibandingkan rekan kerja lainnya, maka kita bisa memperoleh hasilnya signifikan dibandingkan dengan mereka. Dan apa saja “kelebihan” itu?

Bereskan meja anda. Walau terlihat sepele, meja yang selalu tampak rapi dan bersih akan membuat pimpinan merasa nyaman melihat cara kerja kita. Sementara meja kerja yang berantakan mengesankan kita teledordan kurang bertanggung jawab.

Berpakaian yang pantas. Good Looking bukan saja menambah kepercayaan diri seseorang, namun penampilan baik juga meningkatkan citra perusahaan di mata orang-orang. Bayangkan, anda berpakaian apa adanya, berantakan, lalu tamu, konsumen, pelanggan, klien melihatnya, bagaimana kira-kira pendapat mereka? Bisa jadi mereka berpikir, “karyawannya saja begitu, apalagi perusahannya?”

Mandiri. Mengerjakan hal ringan seperti membersihkan laptop dan meja yang berdebu serta mengambil air minum tanpa meminta bantuan office boy misalnya menandakan bahwa seseorang tidak melulu bergantung pada orang lain. Ini kelihatannya kecil, tapi percayalah orang sekitar melihatnya.

“UNTUK MERAIH HAL BESAR, KITA HANYA CUKUP MENGERJAKAN HAL KECIL YANG SERING KALI MALAH DIABAIKAN ORANG”

Sumber :99 Hari Melesatkan Karier