Mengelola Pikiran

Mayor James Nesmeth adalah tentara Amerika yang tertangkap dan dipenjara oleh Vietnam, kala kedua negara itu berseteru antara tahun 1957-1975. Ketika dibebaskan, Nesmeth menceritakan pengalamannya yang mengerikan. Ia mendapat siksaan fisik dan mental setiap hari. Bagaiman atidak, ia dikurung di ruangan yang sempit, gelap dan bau. Selain mesti bertahan dalam ketakutan fisik. Ia juga harus berusaha keras melawan kesepian bila malam datang.

Ketika banyak tentara Amerika yang menjadi gila, ia tidak mengalaminya. Apa rahasianya? Nesmeth mengusir rasa sepi dengan berdoa. Ia juga melatih pikirannya untuk terus berpikir agar tidak kehilangan akal sehat. Nesmeth menyukai golf, karenanya setiap hari ia membayangkan diri sedang memegang stick golf, dan melesatkan bola tanpa meleset. Ketika perang Amerika dan Vietnam berakhir. Ia dikeluarkan dari penjara. Nesmeth bukan saja tidak mati, namun semakin ahli dengan hobinya itu.

“Anda harus berpikir besar untuk menjadi besar.” Demikian ujar orang-orang bijak. Berpikir besar tidak selalu tentang memikirkan impian besar, namun juga bisa berarti kita memikirkan solusi terbaik bagi masalah yang tengah dihadapi, memikirkan semua akan baik-baik saja, segalanya tidak sedarurat yang dibayangkan. Kelola-lah cara berpikirkita, sebab itu yang akan menentukan hari-hari kita apakah berjalan baik atau malah semakin kacau.

“BERPIKIR POSITIF TIDAK SERTA-MERTA MENGUBAH KEADAAN, NAMUN JELAS MEMBERI KITA ENERGI UNTUK TERUS MELANGKAH” -

Sumber : 99 Hari Melesatkan Karier