Lawan Yang Lebih Tangguh

Yohanes Christian Johnson atau yang kita kenal dengan Chris John, bersyukur dengan semua pencapaiannya. Sebab di awal karier, Ia sebenarnya hanya ingin “mencicipi” perasaan sebagai juara dunia. Namun Tuhan menberikan lebih dari apa yang diharapkan.

Ia berkesempatan 18 kali untuk menang sebagai juara dunia. “Tuhan selalu membimbing saya dalam kehidupan dan karier sehingga saya mendapat kekuatan untuk bisa terus berkonsentrasi, focus, dan meraih prestasi yang terbaik didalam pekerjaansaya”, ujarnya.

Ketika ditanya hal terberat apa yang ia alami saat merintis karier, pria kelahiran 14 September 1979 ini menjawab, “Saat merintis dari awal memang harus banyak bertanding. Semakin kedepan, saya terus menghadapi lawan yang semakin tangguh.” Tantangan melawan orang-orang yang berkualitas inilah yang akhirnya membuat Chris John menyabet gelar dunia.

Orang sering menghindari lawan atau pesaing atau tantangan yang lebih besar dari dirinya. Alasannya karena takut tak bisa menghadapinya. Padahal, semakin besar kendalanya, semakin kita akan berusaha meningkatkan kemampuan. Coba bayangkan, seandainya, anda seorang atlet lalu diminta bertarung dengan orang yang kemampuannya dibawah anda, apakah anda akan latihan mati-matian? Apakah anda akan all out saat bertanding? Apakah anda akan mengerahkan segenap kekuatan? Rasanya tidak. Malahan anda akan bertarung asal saja karena merasa yakin akan memenangkan pertandingan tersebut.

Lagipula “lawan” yang kapasitasnya lebih besar, lebih kuat, akan mendatangkan reward yang lebih pula. Sebab, apa yang kita dapat sering kali berbanding lurus dengan apa yang kita korbankan atau perjuangkan.

“EVERY BIG PROBLEM IS A BIG OPPORTUNITY”

Sumber : 99 Hari Melesatkan Karier